Selasa, 08 Mei 2012


MENANGANI PERJALANAN BISNIS

Melakukan perjalanan bisnis memang melelahkan menyenangkan, jika anda sering melakukannya, tentu saja perlu kiat-kiat tertentu untuk “survive” dan menikmati ‘petualangan’ serta memperoleh pengalaman baru berada di kota-kota yang mungkin belum pernah kita singgahi sebelumnya.
Berikut ini beberapa tips penting yang mungkin bermanfaat untuk membuat perjalanan bisnis anda lancar dan menyenangkan :
  • Untuk perjalanan yang jauh, mungkin duduk di sisi gang akan lebih nyaman dan mempermudah anda ke toilet didalam pesawat dibandingkan dengan duduk di sisi jendela ;tapi konsekwensinya anda akan kehilangan pemandangan indah yang mungkin anda lihat disepanjang penerbangan.
  • Demi alasan keamanan selalu bawa laptop, kamera, dan seluruh barang berharga dalam carry-on baggage yang anda bawa kedalam kabin pesawat.
Tips diatas adalah sedikit dari beberapa tips yang dapat anda gunakan, silahkan untuk anda tambahkan .
Happy Travelling…






Untuk meningkatkan hubungan serta mengembangkan naskah atau perluasan  produktivitas. Maka seorang pimpinan sering melakukan perjalanan dinas diluar kota bahkan pula keluar negeri.
Dalam hal ini pimpinan membutuhkan seorang sekretaris untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan perjalanannya. Persiapan perjalanan dinas yang matang diharapkan akan lebih banyak memberi manfaat dalam rangka pengembangan aktivitas instansi atau perusahaan.
Tugas sekretaris dalam menangani perjalanan bisnis antara lain :
  1. Mengetahui maksud tujuan perjalanan dinas.
  2. Mengatur jadwal perjalanan dan pertemuan.
  3. Mengatur tanggal keberangkatan.
  4. Mengurus akomodasi (transpotasi dan penginapan).
  5. Mempersiapkan dokumen (surat – surat) yang diperlukan.
  6. Mempersiapkan keperluan keuangan.

Bersiap Untuk Perjalanan Dinas
Pipit
Published 07/29/2008 - 2:28 a.m. GMT
Rate This Article:
-2
 
ABOUT THE AUTHOR

 

Email:
Click To Contact Author

Kebanyakan orang menganggap perjlanan dinas adalah waktunya bersenang-senang, Eits.. jangan senang dulu dan jangan sampai kebablasan. Namanya juga ‘perjalanan dinas’ meskipun jalan-jalan ke luar kota intinya tetap kerja!! Cuma tempatnya yang berbeda. Biar perjalanan dinas nggak jadi malapetaka, baca artikel ini terus….
Perjalanan dinas bisa jadi promosi bagus buat karier kita, sejauh dari pengawasan bos kita bisa nunjukin kalau kita tetap bisa bekerja dengan baik selain itu kita bisa mendapatkan pengalaman untuk diri sendiri, mulai dari melihat tempat baru hingga mengenal budaya di tempat lain.
Perjalanan dinas ada 2 jenis
  • Undangan dari pihak lain ( Klien)
  • Ditugaskan oleh perusahaan
Tapi kita boleh saja mengusulkan perjalanan dinas ini bila memang sangat di perlukan, tentunya dengan memberikan alasan pentingnya sebuah perjalanan dinas.
Siap-siap
Yang pertama harus di perhatikan dalam mengatur perjalanan kita adalah acara inti yang akan kita hadiri disana, baik berupa undangan atau penugasan perusahaan.
  • Bila perusahaan memberikan waktu satu dua hari, kita harus cermat mengatur waktu secara efisien.
  • Transportasi biasanya sudah disiapkan oleh pihak yang mengundang atau perusahaan, tapi tidak ada salahnya mengecek kembali, siapa tahu ada hal-hal yang tak terduga.
  • Bila peraturan perusahaan menghendaki kita mengatur sendiri, lakukan pemesanan jauh-jauh hari. Perhatikan batas anggaran yang diperbolehkan perusahaan untk uang saku, transportasi dan akomodasi. Tentunya jangan lupa konfirmasi sebelum hari H.
  • Setelah tiba di kota tujuan, cari tahu soal kondisi lalu lintas. Jangan sampai terlambat datang ke tempat meeting gara-gara salah prediksi kondisi jalan.
  • Jangan lupa menghubungi contact person di kota tujuan, hubungi sebelum kita berangkat sekaligus memperkenalkan diri. Dengan begitu kita tahu siapa yang harus di hubungi. 
Bagi tugas
Paling nggak enak kalau meninggalkan kantor saat pekerjaan menumpuk di meja, untuk itu kita harus :
  • Bereskan dulu tugas-tugas yang tersisa sebelum berangkat, jika memang tidak sempat delegasikan deh…
  • Bila kita sudah punya bawahan tentunya akan lebih leluasa mendelegasikan pekerjaan, tapi jangan lupa buat daftar pekerjaan apa saja yang harus di lakukan saat kita absen, beri petunjuk pada bawahan jauh-jauh hari agar bisa mempersiapkan diri untuk tugas kita tersebut
  • Namun bila kita belum memiliki bawahan, sebaiknya selesaikan dulu tugas sebelum berangkat, jangan sampai membawa pekerjaan kantor selama perjalanan. Selain kita harus berkonsentrasi ke pekerjaan yang akan kita lakukan disana, resiko kehilangan berkas-berkas pun lebih besar.
  • Jika pekerjaan kita bayak banget, minta kepada atasan untuk mendalegasikannya ke rekan kerja kita, dan jangan lupa buat catatan agar nantinya nggak bolak balik di telepon.
Berkemas-berkemas
Jangan anggap enteng untuk urusan yang satu ini :
  • Barang-barang pribadi sangat mendukung perjalanan dinas, nggak maukan dicap orang yang paling menyebalkan, karena harus meminjam barang saat perjalanan.
  • Repot harus membeli kebutuhan pribadi juga malah menyita waktu yang seharusnya di gunakan untuk bekerja.
  • Buat check list dan patuhi isinya, bila memang ada barang yang nggak perlu ngapain dibawa.
  • Sesuaikan pakaian dengan cuaca setempat.
  • Bawa pakaian yang praktis dan gampang di padupadankan. Celana hitam bisa jadi andalan untuk segala macam acara, baik resmi maupun santai, bisa jadi bonus juga biar nggak cepat kotor.
  • Hindari membawa banyak koper berisi pakainan (kecuali profesi kita artis). Siapkan saja tas yang bisa dilipat untuk menyimpan oleh-oleh nantinya.
Bisnis is bisnis
Aturan perjalanan ada 2, tertulis dan tak tertulis
Tertulis
Kewajiban mengikuti jadwal yang sudah di tentukan. Misalnya, kapan harus tiba, kapan harus mengikuti meeting, dan kapan harus membuat laporan hasil perjalanan dinas
Tak tertulis
Berupa etiket dan cara kita berprilaku, tetaplah jaga image.
Business Trip
Biar perjalanan nggak membosankan jangan lupa melakukan hal kecil yang menyenangkan.
- Bawa buku bacaan ringgan, bisa jadi teman menunggu pesawat dan meredakan stress.
- Beli majalah setempat, biar kita tambah kenal dengan daerah setempat
- Cukup istirahat biar kita tambah kenal dengan daerah yang kita kunjungi
- Cukup istirahat biar nggak loyo waktu rapat
- Ngobrol dengan orang lokal, untuk mengetahui budaya setempat
- Merekam perjalanan dengan kamera saku, ini bisa jadi bukti bahwa kita pernah   berada di situ
- Jangan lupa juga beli oleh-oleh untuk keluarga dan orang kantor, nggak maukan dibilang pelit.
(Ndut/ Foto : www.inmagine.com)    


sumber : http://www.slideshare.net/NiianeoddtBleggebleg/perjalanan-bisnis







Tidak ada komentar:

Posting Komentar