Sabtu, 19 Mei 2012

KESEHATAN KULIT


Kesehatan Kulit

A.    Haluskan Wajah
Bahan-bahan yang digunakan untuk menghaluskan wajah diantaranya adalah : Wortel, Bunga Kenanga, Temu Giring Kulit Jeruk Purut
Resep Untuk menghaluskan wajah :
1.      Resep 1 :
Kupas 2-3 Buah wortel, di cuci lalu diparut, dan diperas airnya. Oleskan air tersebut pada wajah. Bisa juga setelah diparut langsung ditemp-atkan kewajah sebagai masker.
2.      Resep 2 :
Sediakan lima kuntum bunga kenanga, lima rimpang temu giring, dan satu buah kulit jeruk purut. Semua bahan dicuci bersih, tumbuk halus, peras dan saring. Airnya oleskan pada wajah dan biarkan beberapa saat lalu di bilas.

B.     Jerawat
Jerawat muncul akibat tersumbatnya saluran minyak folikel (selubung) rambut oleh lemak mati yang sering disebut komedo, sehingga lemak terbendung, mengental akibatnya memadat yang makin lama makin membesar dan muncul di prmukaan kulityang kemudian dikenal orang dengan jerawat.
Mengapa jerawat banyak dialami kaum remaja terutama yang memiliki jenis kulit berminyak?. Hal ini tidak disebabkan hasrat seksual yang terpendam sebagaimana banyaj terjadi pada remaja, namun tiada lainkarena produktivitas hormon meningkat pada usia remaja, namun perlu diketahui kemunculan jerawat tak hanya fakltor hormonal saja. Khususnya bagi yang berkulit berminyak dianjurkan menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi.
Resep mengatasi jerawat :
1.      Resep 1
Dengan menggunakan belimbing wuluh, ada dua cara, yaitu :
a)      Cara 1 : Tiga buah belimbing wuluh ssegar dicuci bersih, dipparut dan diberi         sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan dua kali sehari
b)      Cara 2 : tiga belimbing wuluh di parut, remas, beri garam dan gosokan ke bagian wajah yang berjerawat.
2.      Resep 2
Jemur dua sampai tiga helai daun papaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Oleskan sarinya pada jerawat.
3.      Resep 3
Cucu satu buah jeruk nipis belah menjadi dua, gosokan pada kulit wajah.

C.     Bedak Jerawat
Resep bedak jerawat ini tidak hanya mengobati jerawat namunjuga untuk menghaluskan, mengencangkan, sekaligus membersihkan kulit wajah.
Cara membuatnya adalah :
Sediakan : tepung beras 500gr, kencur 25 gr, kayu manis 50 gr, temu giring 50 gr, biji pinang 50 gr, mesoyi 50 gr.
Langkah : kencur dan temu giring dikupas dan dicuci dahulu lalu ditumbuk halus bersama dengan bahan-bahan yang lain. Bikin bulatan kecil-kecil sebesar kelereng dan jemur sampai kering. Pemakaianya sebagaimana masker, dikenakan ke seluruh wajah. Namun lebih bagus lagi jika air yang digunakan untuk mengaduk adalh air jeruk nipis (secukupnya, tidak air biasa).

D.    Bekas Jerawat
Satu sampai dengan dua daun lidah buaya diambil lendirnya, diaduk dengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental. Oleskan ke bekas jerawat biarkan setidaknya selama tiga puluh menit, baru dibilas.

E.     Kulit Bersisik
Satu buah mengkudu masak diremas lalu digosokan pada kulit yang bersisik, diamkan lima belas menit, lalu di cuci dengan air hangat.

F.      Tumit Pecah-Pecah
Resep untruk tumit pecah-pecah :
1.      Resep 1 :
Getah papaya muda digosokan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan lima belas menit lalu di cuci, lakukan sekali sehari.
2.      Resep 2 :
Kulit akyu kamboja ditumbuk dan air perasanya dioleskan pada tumit yang pecah-pecah.


Sumber  [ Judul Buku          : Manfaat Apotik Hidup
                   Penerbit                : Yayasan Bina Karya
                   Penyusun              : Abu Nala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar